Berita

Kontak

Alamat :

Jl. Kramat Jaya Baru Blok DII, Johar Baru, Jakarta Pusat 10560 Telp. (021) 4246015 Fax. (021) 4223568

Telepon :

4246015

Email :

info@smkn31jakarta.sch.id

Website :

www.smkn31jakarta.sch.id

Media Sosial :

KEMENDIKBUD

KJP (KARTU JAKARTA PINTAR)

SUMBER BELAJAR

MENGEMBANGKAN UNIT KOMPETENSI BDP DALAM PERSIAPAN UJIAN SERTIFIKASI KOMPETENSI (USK)

Kegaiatan pendampingan Ujian Sertifikasi Kompetensi (BDP) Bersama Narasumber sekaligus Asesor dari LSP P2 P2KPTK2 Jakkarta Pusat  Bapak. Azis Mustaqim merupakan langkah sekolah dalam memfasilitasi Siswa -siswi dalam menggali dan mengembangkan pengetahuan unit kompetensi BDP agar mencapai predikat kompeten pada setiap Unit Kompetensi. Berikut merupakan Unit Kompetensi BDP:


Untuk mendapatkan KKNI Level II Bisnis Daring dan Pemasaran, kompetensi yang harus dicapai dengan total 25 ( dua puluh lima) yang terdiri dari: a. 5 ( lima ) Unit Kompetensi Umum dan Inti; b. 20 ( dua puluh ) Pilihan/Fungsional

Skema ini telah diperiksa oleh Mulyanto dan Mohammad Zubair ( bnsp) di Jakarta tanggal 28 Maret 2019. dan Pada hari kamis tanggal 18 April 2019 dilaksanakan acara pengesahan bersama 81 skema sertifikasi untuk LSP P1 SMK

Rincian Unit Kompetensi atau Uraian Tugas

NOKODE UNITJUDUL UNIT KOMPETENSI
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1KOP.RK01.001.01Mempersiapkan diri untuk bekerja
2KOP.RK01.002.01Berkomunikasi dengan target pelanggan
3KOP.RK01.003.01Mengidentifikasi respon pelanggan
4KOP.RK01.004.01Melaksanakan Pelayanan Pelanggan
5KOP.RK01.005.01Melakukan Konfirmasi keputusan Pelanggan
KOMPETENSI PILIHAN/FUNGSIONAL
6KOP.RK02.001.01Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
7KOP.RK02.002.01Melakukan Transaksi Penjualan dengan pelanggan Anggota maupun non anggota
8KOP.RK02.003.01Melakukan Penyerahan Produk
9KOP.RK02.004.01Melakukan Proses Administrasi Transaksi
10KOP.RK02.005.01Melaksanakan dan Menjaga Kebersihan dan Ketertiban Lingkungan Kerja
11KOP.RK02.007.01Melakukan Proses Administrasi Pengelolaan Produk
12KOP.RK02.008.01Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan
13KOP.RK02.011.01Melakukan Stock opname
14KOP.RK02.012.01Menata Produk
15KOP.RK02.013.01Melakukan Rencana Pembelian Produk
16M.702090.001.01Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
17M.702090.002.01Melaksanakan komunikasi efektif
18M.702090.003.01Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
19M.702090.004.01Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
20M.702090.005.01Melaksanakan keterampilan penjualan
21M.702090.006.01Menyusun rencana aktifitas penjualan
22M.702090.007.01Mewujudkan kepuasan pelanggan
23G.46RIT00.053.1Memberdayakan Media Sosial untuk Menarik Pelanggan Ritel
24G.46RIT00.055.1Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk Bisnis
25G.46RIT00.064.1Menentukan Aplikasi Perdagangan Daring (e-commerce) Untuk Meningkatkan Penjualan dan Layanan Ritel

Pencapaian kompetensi. Skema KKNI Level II pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dapat dicapai melalui pendekatan klaster dengan kemasan di bawah ini dan harus dicapai dalam 3 (tiga) tahun. Kemasan yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Klaster Kasir

NOKODE UNITJUDUL UNIT KOMPETENSI
1KOP.RK01.001.01Mempersiapkan diri untuk bekerja
2KOP.RK01.002.01Berkomunikasi dengan target pelanggan
3KOP.RK01.003.01Mengidentifikasi respon pelanggan
4KOP.RK01.004.01Melaksanakan Pelayanan Pelanggan
5KOP.RK01.005.01Melakukan Konfirmasi keputusan Pelanggan
6KOP.RK02.001.01Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
7KOP.RK02.002.01Melakukan Transaksi Penjualan dengan pelanggan Anggota maupun non anggota
8KOP.RK02.003.01Melakukan Penyerahan Produk
9KOP.RK02.004.01Melakukan Proses Administrasi Transaksi
10KOP.RK02.005.01Melaksanakan dan Menjaga Kebersihan dan Ketertiban Lingkungan Kerja

2. Klaster Pramuniaga

NOKODE UNITJUDUL UNIT KOMPETENSI
1KOP.RK01.001.01Mempersiapkan diri untuk bekerja
2KOP.RK01.002.01Berkomunikasi dengan target pelanggan
3KOP.RK01.003.01Mengidentifikasi respon pelanggan
4KOP.RK01.004.01Melaksanakan Pelayanan Pelanggan
5KOP.RK01.005.01Melakukan Konfirmasi keputusan Pelanggan
6KOP.RK02.007.01Melakukan Proses Administrasi Pengelolaan Produk
7KOP.RK02.008.01Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan
8KOP.RK02.011.01Melakukan Stock opname
9KOP.RK02.012.01Menata Produk
10KOP.RK02.013.01Melakukan Rencana Pembelian Produk

3. Klaster Operasional Pemasaran Produk dan Jasa

NOKODE UNITJUDUL UNIT KOMPETENSI
1M.702090.001.01Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
2M.702090.002.01Melaksanakan komunikasi efektif
3M.702090.003.01Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
4M.702090.004.01Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial
5M.702090.005.01Melaksanakan keterampilan penjualan
6M.702090.006.01Menyusun rencana aktifitas penjualan
7M.702090.007.01Mewujudkan kepuasan pelanggan
8G.46RIT00.053.1Memberdayakan Media Sosial untuk Menarik Pelanggan Ritel
9G.46RIT00.055.1Melakukan Aktivitas Pemasaran Digital untuk Bisnis
10G.46RIT00.064.1Menentukan Aplikasi Perdagangan Daring (e-commerce) Untuk Meningkatkan Penjualan dan Layanan Ritel

SKKNI 2011 – 316 Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Perdagangan Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Untuk Jabatan Kerja Pelaksana Perdagangan Ritel Koperasi Menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

SKKNI 2013-389 Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah dan Teknis, Golongan Pokok Kegiatan Kantor Pusat Dan Konsultasi Manajemen, Golongan Konsultasi Manajemen, Sub Golongan Konsultasi Manajemen Area Kerja Pemasaran.

SKKNI 2018-16 Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Golongan Pokok Perdagangan Besar, Bukan Mobil dan Sepeda Motor Bidang Ritel Modern.