Berita

Kontak

Alamat :

Jl. Kramat Jaya Baru Blok DII, Johar Baru, Jakarta Pusat 10560 Telp. (021) 4246015 Fax. (021) 4223568

Telepon :

4246015

Email :

info@smkn31jakarta.sch.id

Website :

www.smkn31jakarta.sch.id

Media Sosial :

KEMENDIKBUD

KJP (KARTU JAKARTA PINTAR)

SUMBER BELAJAR

TRIGINTA CAREER EXPO SMKN 31 JAKARTA HARAPKAN BANYAK ALUMNI SMK TERSERAP DUNIA INDUSTRI

TRIGINTA CAREER EXPO SMKN 31 JAKARTA HARAPKAN BANYAK ALUMNI SMK TERSERAP DUNIA INDUSTRI


Kepala SMKN 31 Jakarta Ibu Nurasiah, Mpd serta Wakil Humas dan Kemitraan Ibu Nunung Widianingsih  gelar Triginta Career Expo 2024 dengan tema “Career resilience : adapting to change in the workforce” selama dua hari pada Selasa dan Rabu 11-12 Juni 2024 di SMKN 31 Jakarta. Pembukaan Kegiatan Career Expo dihadiri oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah JP II Bapak Bambang Eko PrabowoPengawas SMK JP2 Bapak Ahlan Riyadi, Kepala Satlak Johar Baru, Koramil, Kepala sekolah komunitas, Kepala Sekolah SMK Negeri /Swasta Jakarta Wilayah I dan II, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Pusat, Ketua dan Pengurus BKK SMK DKI, APKOMINDO, PT Panji Media Utama.

Kegiatan Career Expo 2024 ini dihadiri oleh 20 perusahaan dan 3 Perguruan Tinggi, 1000 alumni SMK yang terdiri dari berbagai SMK DKI Jakarta, serta lembaga pendidikan dan masyarakat umum. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam mengatasi problematika faktual terkait permasalahan lapangan pekerjaan dan signifikansi SMK dalam melahirkan generasi tenaga kerja profesional.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah JP II Bapak Bambang Eko Prabowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan persiapan yang matang oleh SMK dalam mencetak lulusan siswa yang berdaya saing tinggi untuk menghadapi dinamika globalisasi. “Menghadapi era transformasi digital dan disrupsi yang begitu masif, diperlukan kolaborasi serta sinergitas SMK dan dunia industri yang menjadi tonggak esensi dalam menghantarkan siswa agar mampu menghadapi dan memenuhi tuntutan global secara kompetitif, membangun personal branding di media sosial seperti Instagram” tuturnya. 

Sejalan dengan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah JP II Bapak Bambang Eko Prabowo, Ibu Nurasiah selaku Kepala SMKN 31 Jakarta juga menyampaikan bahwa adanya Career Expo ini merupakan jembatan bagi para siswa dan alumni SMKN 31 Jakarta untuk segera mendapatkan pekerjaan yang layak. Ibu Nunung selaku ketua Triginta Career Expo SMKN 31 Jakarta juga menyampaikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan Career Expo ini yang melibatkan berbagai elemen, diantaranya yaitu Dunia Industri seperti 

  1. PT MIDI UTAMA INDONESIA,Tbk ✅

  2. FIF GROUP ✅

  3. PT CHAMP RESTO INDONESIA ✅

  4. PT  TRI ADI MANDIRI (ANTERAJA) ✅

  5. PT ASET DIGITAL  ✅

  6. PT VISI INTI PERUBAHAN  ✅

  7. PT LANCAR WIGUNA SEJAHTERA (LAWSON) ✅

  8. PT ERAJAYA  ✅

  9. PT SINAR SOSRO  ✅

  10. PT SINAR BERSIH ✅

  11. PT IDE WISEN NUSANTARA

  12. PT SAKSAMA TRAIDING CO ✅

  13. PT SUMBER BERLIAN ✅

  14. PT PRIMA DAYA ANDALAN

  15. PASKER.ID/KARIER HUB

 dan pemerintah kota termasuk Dinas Ketenagakerjaan Jakarta Pusat. 

“Agenda Triginta Career Expo ini merupakan agenda yang strategis karena jika merujuk pada legal formal, SMK diikat perjanjian kerja dengan Kemendikbudristek. Salah satu ikatan perjanjiannya  adalah SMKN 31 JAKARTA harus mampu meluluskan alumni yang siap untuk mendapatkan pekerjaan dalam masa tunggu 12 bulan. Namun tidak hanya sekedar mendapat pekerjaan, alumni juga diharapkan mampu mendapatkan pekerjaan yang layak dan memiliki jenjang karir yang baik. Selain legal formal, sudah menjadi tugas SMKN 31 JAKARTA menjembatani siswa untuk mampu berdiskusi dan mendapatkan gambaran karir kedepannya” papar Ibu Nunung

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Career Expo oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan Wilayah JP II Bapak Bambang Eko Prabowo. Usai pembukaan, peserta Triginta Career Expo dapat mengunjungi stand perusahaan yang telah berjajar rapi di Lapangan SMKN 31 Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dan para jobseeker mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhannya masing masing.