NEWS UPDATE :  

Berita

KJP (KARTU JAKARTA PINTAR)

SMKN 31 JAKARTA PETAKAN PRESTASI KELAS XII DENGAN MOTIVASI DAN TES PSIKOLOGIS

SMKN 31 Jakarta memetakan sukses belajar kelas XII dalam menyongsong Cita-cita setelah lulus dari sekolah dengan melaksanakan kegiatan Motivasi dan Tes Psikologis bersama PT. Jaya Kosultan Indonesia. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah memotivasi belajar kelas xii karena sebentar  lagi akan melaksanakan kegiatan ujian-ujian sehingga semakin semangat dalam melaksanakan kegiatan KBM. Selain itu tujuan dari Tes Psikologis adalah pemetaan minat bakat siswa kelas xii dalam menyiapkan masa depan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. sehinga memudahkan mereka dalam mecapai cita-cita dan sukses di dunia Industri/kerja. Berikut merupakan uraian kata motivasi  belajar serta uraian tentang tes psikologis.

1. Mulailah dari mana kamu berada. Gunakan apa yang kamu miliki. Lakukan apa yang kamu bisa.

2. “Menjauhlah dari orang-orang yang mencoba meremehkan ambisimu. Orang kecil selalu melakukan itu, tetapi yang benar-benar hebat membuatmu merasa bahwa kamu juga bisa menjadi hebat. ”- Mark Twain.

3. Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini.

4. Milikilah tujuan untuk sukses, bukan kesempurnaan. Jangan pernah melepaskan hakmu untuk melakukan kesalahan, karena dengan begitu kamu akan kehilangan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru dan melanjutkan hidup. Ingatlah bahwa ketakutan selalu bersembunyi di balik perfeksionisme.

5. Ingatlah bahwa kegagalan adalah sebuah peristiwa, bukan seseorang.

6.Jika kamu tidak merancang rencana hidupmu sendiri, kemungkinan besar kamu akan jatuh ke dalam rencana orang lain. Dan coba tebak apa yang telah mereka rencanakan untukmu? Tidak banyak.

7. Seluruh tujuan pendidikan adalah mengubah cermin menjadi jendela.

8. Belajar sebanyak yang kamu bisa saat masih muda, karena hidup menjadi terlalu sibuk nantinya.

9. Belajar adalah harta karun yang akan mengikuti pemiliknya ke mana pun.

10. “Pendidikan adalah kunci untuk membuka dunia, paspor menuju kebebasan.” - Oprah Winfrey.Pengujian psikologi biasanya disarankan untuk beberapa alasan. Pada anak-anak, pengujian ini digunakan untuk:

  • Menentukan kemungkinan keterlambatan perkembangan, kesulitan belajar, atau pengolahan permasalahan
  • Memeriksa kondisi seperti gangguan dalam konsentrasi, gangguan spektrum autis, gangguan emosi (gangguan suasana hati, kecemasan) atau gangguan perilaku yang kacau
  • Bakat diri atau untuk mengukur kecerdasan
  • Menentukan kemampuan keahlian (seperti konseling karir bagi dewasa muda)
  • Melacak perkembangan kecerdasan
  • Menentukan permasalahan sosial

Pada dewasa, penilaian psikologi dilakukan untuk:

  • menyaring calon pegawai dari adanya gejala psikopati, seperti gangguan kepribadian atau depresi
  • tujuan pendidikan, seperti menentukan kekuatan dan kelemahan seseorang
  • bagi pengelolaan perilaku
  • sebagai persyaratan dalam penggunaan obat-obat pendukung terapi
  • untuk menegaskan temuan klinis, seperti ketika tidak ada bukti adanya patologi fisik yang ditemui dalam kondisi tertentu.

Tes psikologi ini seperti halnya pengujian medis kebanyakan, dilakukan hanya ketika pasien menunjukkan gejala atau membutuhkannya, untuk satu dan lain hal.